Streak And The Raven

Informasi Lengkap Seputar Teknologi, lifestyle dan Berita Terbaru

Mau Memulai Usaha Catering Box_ Simak Tipsnya

Jul 18, 2023

Bagi yang ingin tetap berpenghasilan meski diam di rumah, membuka usaha catering box rumahan bisa jadi jawaban tepat. Usaha ini punya pasar yang luas dan juga modal yang dikeluarkan tidak besar.

Berikut ada tips dalam memulai bisnis catering box.

1. Tentukan Jenis katering

Saat memulai usaha catering box pastinya orang akan melihat apa yang dijual oleh katering tersebut. Jenis katering disini pastinya katering yang disiapkan khusus untuk acara pernikahan atau bisa untuk acara lainnya.

Jika untuk acara pernikahan pastinya catering box ini kurang cocok. Jadi catering box pasti menyasar pasar yang berbeda yakni untuk mengisi di acara-acara tertentu seperti pengajian atau rapat yang memerlukan hidangan praktis bagi tamunya.

2. Siapkan Modal

Setelah menentukan usaha apa yang ingin dimulai yakni catering box, maka silahkan tentukan modalnya. Modal bisa dihitung dengan memperhatikan beberapa aspek seperti peralatan, modal bahan makanan, Biaya operasional dan lain sebagainya.

Peralatan masak pasti akan jadi senjata utama dalam menghadapi usaha ini. Jadi jangan terlalu membatasi untuk menyisihkan modal untuk melengkapi peralatan memasak makanan agar hasilnya bisa maksimal.

Baca Juga  Berkilau di Mata, Motor Emas Menjadi Pilihan Tepat untuk Gayamu!

Untuk modal makanan bisa disesuaikan dengan menerapkan sistem pre order. Jadi modal yang dibutuhkan untuk modal bahan makanan akan menyesuaikan dengan apa yang dipesan oleh konsumen. Selebihnya biaya operasional mencakup pengantaran dan biaya karyawan jika perlu.

3. Riset Supplier

Lakukan riset supplier dalam memastikan jaminan kualitas makanan yang akan diberikan pada konsumen. Mengingat ini adalah usaha makanan pastinya bahan makanan akan berpengaruh pada hasil rasa yang diinginkan konsumen dan produsen.

Jika memberikan kualitas bahan yang asal-asalan maka bisa menyebabkan kesalahan yang fatal karena rasanya tidak sesuai. Jadi cari dengan betul mana supplier yang bisa memberikan bahan berkualitas untuk rasa masakan yang sesuai apa yang dijual.

Daripada berbelanja di supermarket, mendapatkan supplier dari pasar akan bisa memberikan harga yang lebih terjangkau. Jadi modal yang dikeluarkan pasti lebih sedikit daripada belanja dari supermarket. Soal kualitas pastinya masih bisa bersaing asalkan pandai memilih.

4. Siapkan Menu Andalan

Usaha yang dimulai berkaitan dengan katering dan dunia makanan. Agar semakin terkenal pastinya usaha makanan harus punya menu khas yang teringat oleh orang menjadi menu paling spesial.

Hal ini akan berpengaruh terhadap penjualan karena biasanya menu andalan akan sering dipesan orang. Buat juga paket menu yang bisa dipilih konsumen agar tidak kebingungan karena harus memilih satu persatu.

Baca Juga  Panduan Lengkap Menggali Kekuatan Investasi dalam Emas Antam

Pekerja juga akan lebih terlatih jika punya menu andalan. Mereka bisa lebih berlatih menu tersebut secara tidak langsung karena akan selalu membuat menu tersebut dan akan terbiasa.

5. Perhatikan Kemasan Makanan Serta Pengiriman

Namanya usaha catering box pasti disini kemasan dan pengiriman makanan akan sangat diperhatikan. Pemesan pasti akan menantikan makanan yang segar dan layak santap begitu sampai karena akan disajikan untuk banyak orang.

Proses pengiriman yang baik akan memberikan cita rasa yang baik juga karena rasa bisa terjaga. Cita rasa yang terjaga harus tetap dipertahankan meski melalui pengantaran yang cukup jauh dengan teknik pengiriman yang baik.

Pastikan makanan tetap layak untuk dimakan begitu sampai ke tangan pelanggan. Proses pengiriman dan pengemasan yang baik pastinya sangat berperan disini.

Itulah serangkaian tips dalam memulai usaha catering box agar tidak terjadi kesalahan. Banyak orang yang menyepelekan beberapa hal diatas dan membuat usaha katering kurang dipercaya lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *